Dean

April 24, 2017
Dean
Sutradara : Demetri Martin
Produser : Giles Andrew
Elliott Watson
Jessica Latham
Demetri Martin
Charles James Denton
Penulis : Demetri Martin
Pemain : Demetri Martin
Gillian Jacobs
Kevin Kline
Mary Steenburgen
Reid Scott
Rumah produksi : Honora
Distributor : CBS Films
Tanggal rilis : 16 April 2016 (Tribeca Film Festival)
2 Juni 2017 (Amerika Serikat)
Negeri : Amerika Serikat
Bahasa : Bahasa Inggris

Deskripsi Film Dean :

Demetri Martin adalah seorang stand-up comedian, ilustrator, dan penulis dengan kredit meliputi Important Things with Demetri Martin di Comedy Central dan kontributor talkshow Late Night with Conan O’Brien. Kini Martin menambahkan profesi sutradara dalam daftar karirnya dengan merilis Dean, sebuah film indie bergenre drama komedi yang telah dirilis di Tribeca Film Festival pada April 2016. Film yang juga ditulis oleh Martin ini akan mendapat penayangan lebih luas di Amerika Serikat mulai 2 Juni 2017 nanti.

Dengan tetap tinggal di zona nyamannya, Martin mendapuk dirinya sendiri sebagai Dean, seorang ilustrator yang tinggal di New York dan masih berkutat dengan duka sepeninggal ibunya setahun silam. Sementara ayahnya, Robert (diperankan oleh Kevin Kline; The Ice Storm, Dave), menanggulangi duka tersebut dengan pergi ke terapis dan berencana menjual rumah keluarga mereka. Dean dan Robert ingin melanjutkan hidup mereka, namun kesedihan menghalangi keduanya untuk move on.

Pemeran pendukung Dean berisi daftar aktor yang cukup mengensankan. Selain Kline, Dean berhasil menggaet Mary Steenburgen (Parenthood, Step Brothers) berperan sebagai Carol, seorang agen real estate yang lantas menjalin persahabatan dengan Robert dan menjadi partner romantisnya. Ada pula Gillian Jacobs (Hot Tub Time Machine 2 dan serial Love) yang menjadi Nicky, gadis yang dikenal Dean saat berkunjung ke Los Angeles dan membuatnya menginvestasikan masa depannya dengan tinggal lebih lama di LA.

Film ini mendapat ulasan yang seimbang antara pujian dan kritik. Dean dianggap hanya sebagai sebuah tambahan ke dalam daftar panjang film dramedi indie dengan tema yang sama. Tidak ada yang terlalu spesial pula dari Martin yang nampak berkiblat pada Woody Allen (Annie Hall) dan Zach Braff (Garden State) dalam debutnya sebagai sutradara. Namun bagaimana Martin menangani topik film ini—bahwa masa berduka akibat ditinggal orang terkasih dan bagaimana cara setiap orang berduka tidaklah sama, adalah kekuatan utama Dean. Dan Martin pun mendapat kesempatan untuk menunjukkan seberapa luas kemampuan aktingnya di luar ranah komedi dan dunia pertelevisian.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *