Untitled Detroit Project

May 6, 2017
Untitled Detroit Project
Sutradara : Kathryn Bigelow
Produser : Kathryn Bigelow
Mark Boal
Matthew Budman
Megan Ellison
Colin Wilson
Penulis : Mark Boal
Pemain : John Boyega
Jack Reynor
Will Poulter
Ben O’Toole
Hannah Murray
Anthony Mackie
Sinematografer : Barry Ackroyd
Editor : William Goldenberg
Rumah produksi : Metro-Goldwyn-Mayer
Annapurna Pictures
First Light Productions
Distributor : Annapurna Pictures
Tanggal rilis : 4 Agustus 2017 (Amerika Serikat)
Negeri : Amerika Serikat
Bahasa : Bahasa Inggris

Deskripsi Film Untitled Detroit Project :

Satu lagi film bertema sejarah akan tayang pada Agustus 2017. Film yang yang berjudul Detroit ini akan bercerita tentang kerusuhan yang terjadi di kota Detroit, Michigan, Amerika Serikat, pada Juli 1967. Kerusuhan yang berlangsung selama lima hari itu adalah puncak kemarahan warga kulit hitam di Detroit atas perlakuan polisi setempat yang didasari oleh diskriminasi ras.

Daftar pemain ternama akan mengisi film ini, di antaranya adalah John Boyega (Star Wars: The Force Awakens), Jack Reynor (Transformers: Age of Extinction), Will Poulter (We’re The Millers, The Revenant), Hanna Murray (serial Game of Thrones), Anthony Mackie (Captain America: Civil War), dan John Krasinski (serial The Office, Away We Go).

Film ini akan disutradarai oleh Kathryn Bigellow, satu-satunya sutradara wanita yang pernah memenangi piala Oscar untuk kategori sutradara terbaik di tahun 2010 lewat The Hurt Locker. Pada saat itu dia mengalahkan James Cameron, kompetitor sekaligus mantan suaminya, yang dinominasikan lewat film Avatar. Setelah The Hurt Locker, Bigelow kembali menyutradarai film action thriller yang merupakan dramatisasi kisah penangkapan Osama bin Laden, Zero Dark Thirty, yang dibintangi oleh Jessica Chastain. Film tentang kerusuhan Detroit ini akan menjadi kerjasama ketiga Bigelow dengan Mark Boal, penulis naskah “The Hurt Locker” dan Zero Dark Thirthy.

Sinopsis Film Untitled Detroit Project

Satuan polisi kota Detroit mayoritas diisi oleh orang kulit putih dan mereka kerap bicara tentang penduduk Afrika-Amerika dengan pernyataan merendahkan yang berhubungan dengan ras mereka. Orang kulit hitam pun kerap dijadikan sasaran serta kambing hitam atas kejahatan yang terjadi, banyak di antaranya yang ditangkap tanpa bukti dan bahkan ditembak di tempat hanya karena ketidaksukaan anggota polisi pada warna kulit mereka. Kerusuhan Detroit ini merupakan salah satu sejarah kelam warga kulit hitam di Amerika. Total korban jiwa mencapai 43 orang dan sebagian besar di antaranya adalah penduduk sipil berkulit hitam. Seribu orang lebih terluka, 7000 lebih ditangkap pihak keamanan, dan 2000 bangunan hancur dibakar atau dirusak.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *